Rabu, 18 September 2013

Enigma, puisi Sutaryono Djohar

Yudhi Herwibowo
Grasindo
2013
9786022511922


Tentang keindahan sebuah persahabatan

.............abad 22 telah berjalan seperti adanya,
Kekasih pujaan jiwaku
Sungguh terkesan ketika aku baca Enigma karangan Mas Yudhi Herwibowo

Mengingatkan persahabatan yang begitu agung
Mengingatkan sebuah Cinta, penghianatan dan sebuah kesetiaan

Kekasih pujaan jiwaku
Tercenung dan larut dalam kisah yang tertulis

Aku tak ingin seperti Patta
Yang mempunyai dendam, berdarah dingin
Memanfaatkan  sahabatnya di balik topeng persahabatan

Isara
Goza
Hasha
Chang

Nama yang begitu indah

Kekasih pujaan jiwaku
Jika boleh memilih, bahwa aku ingin sepeti  Goza namun berhati baik,
pandai sepeti Patta namun tidak pendendam dan berdarah dingin


Jarak antara Solo dan Yogyakarta menyisakan kenangan persahabatan yang agung dan tulus
Bertahun telah dilalui bersama, hingga suatu saat mereka terpisah dalam waktu yang lama


Puja jiwaku
Aku bukanlah dewa, aku bukan pula pujangga, aku hanya punya ketulusan untuk kupersembahkan padamu
Aku hanya punya kepasrahan serta keinginan untuk membuatmu bahagia wahai puja jiwaku

Aku menyimak, menelaah dan mengkaji kisah persahabatan mereka

Berhari-hari kurenungi
Tak ada kata kunci, titik temu serta benang merah yang menghubungkan kisah itu
Penggalan demi penggalan menyusun sebuah makna
Kata demi kata aku telaah
Ibarat aku bercermin dan melihat wajahku, semua berkecamuk dalam benakku

Puja jiwaku
Aku ingin menjunjung dirimu
Merangkul mu
Melapisimu saat dingin menerpa
Melapisimu saat panas mendera

Menyejukkan hatimu saat gundah,
Puja jiwaku
Saat mata ini enggan tuk terpejam
Detik, menit, jam, menuju hari, bulan dan tahun

Perjalanan waktu dalam kisah Enigma menginspirasi diriku
Untuk menghargai sisa waktuku
Aku tak ingin seperti Goza, yang menerima dera atas kesalahannya

Pujaan jiwaku
Ingin aku menyempurnakan semua
dalam kehidupan nyata
Hingga kelak kebahagiaan dapat di raih


"Pujaan jiwaku, saat engkau tertidur, doa ini mengalir menghampirimu, menaungimu, dan selalu berserta dirimu, untuk kebahagiaan"

Hanya itu harapku, dapat melihat senyum di bibirmu, dapat basuh hatimu dengan kesejukan Cinta kasih dan menghadirkan makna buatmu akan adanya AKU.


https://www.facebook.com/notes/sutaryono-djohar/enigma/564171850260965

Tidak ada komentar:

Posting Komentar