Rabu, 27 November 2013

Enigma of Life, oleh: Dian Novita. S



Kisah ini memang tentang mereka berlima….
Dan satu di antara mereka,
Menyimpan rahasia yang menakutkan….
…ia dapat melihat jalan hidup  yang lainnya!

Kisah unik dar ilima sahabat. Hasha, sosok yang paling diamdiantaramereka.Sejakduduk di bangkuperkuliahantelahmemendamperasaankepadasahabatnya, Isara. Dan di sampingitu, Kuranitemankuliahnya yang juga menyimpan perasaan kepada  Hasha dan akhirnya ia memutuskan untuk pindah tempat kuliah ketika mengeta huihubungan antara Hasha dan Isara. 

Patta, laki-laki yang paling sempurna dari keempat priaitu. Ia juga menyimpan perasaan terhadap Isara. Dan akhirnya ia pun dapat menikahi sang pujaan hatinya tersebut. Namun, pernikahan mereka hanyamampubertahan 2 tahunsaja.Karena sang istri, Isara memilih untuk memutuskan ikatanpernikahannya tersebut karena Ia masih menyimpan perasaannya terhadap Hasha. 

Isaramerupakanperempuan yang telahmengalamikepedihansaatkecil.Kepergiankakaknya, Marga yang memulaikisahhidupnya, darimelihatbayangan-bayanganmasadepan. Kepergiankedua orang tuannya yang ia telah prediksi terlebih dahulu. Dan ia satu-satunya yang mampu melihat masa depan semua sahabatnya.
Goza, merupakansosok yang paling mampu menghidupkan suasana ketika kelima sahabat itu bekumpul. Namun, dari kelima sahabat itu dialah yang paling bedebah. Bertahannya ia untuk tetap bergabung di persahabatan itu bukan tidak tanpa alasan. Ia juga lelaki yang mencintai Isara. Goza memilih jalan hidup dengan jalan yang buruk yaitu sebagai pembunuh bayaran. Keganasannya merupakan bentuk hasil pendidikan yang gagal yang di berikan orang tuanya sejak ia masih kecil.

Chang (indiray), merupakansosok yang memilik perawakan cina. Ia adalah sahabatter dekat dari Hasha. Ia yang paling menginginkan Hasha dan Isara bersatu. Ia jugate masuk manusia yang berpikir logis. Namun, kelogisann yaitu pun luntur ketika ia bertemu sebuah tempat yang selama ini ia cari, Rumah Pertobatan.

Di atas adalah sepenggal kisah yang terjadi di novel Enigma karya Yudhi Herwibowo. Gaya penulisan novel ini sedikit berbeda dengan novel-novel pada umumnya. Penulis menceritakan kisah kelima sahabat itu secara terpisah antara yang satu dengan yang lain, tapi tetap berpadu. Pemilihan judulnya tepat Enigma yaitu teka-teki. Kisah penuh dengan sebuah pertanyaan, cukup mampu membuat pembaca bertanya dan berpikir sejenak.

Setiap penulis pastilah memiliki gaya bahasa yang menjadi karakteristik si penulis itu sendiri. Di novel enigma ini penulis seakan-akan terbagi menjadi 5 sosok. Penulis berhasil menjadi seorang Hasha dengan bahasa-bahasa puistisnya, menjadi seorang Isara yang selalu mendeskripsi tentang hidupnya secara melankolis. Chang yang menjadi manusia yang logis danmanusia paling setia dengan hal yang telah ia percayai. Patta, sang perfeksionis yang ketika hal yang ia inginkan gagal maka akan membuat dirinya se-down mungkin. Dan Goza, manusia yang memuja dirinya sendiri dan senang akan panggilan sang bedebah tampan.

Novel yang menceritakan tentang percintaan, persahabatan, dan persengketaan yang berakhir dengan bunuh membunuh. Sebenarnya konflik yang di angkat cukup menarik. Cerita cinta yang disajikan sedemikian rupa yang menjadi berbeda dengan kisah-kisah cinta yang lain. Namun  di dalam novel enigma ini untuk penyajian kemisteriusannya nampaknya belum cukup mendebarkan. Apalagi di sana terjadi bunuh-membunuhhanya di deskripsikan secara datar dan biasa, tanpa ada sesuatu yang membuat pembaca merasa tertantang. Maka seharusnya di buat semencekam mungkin. Untuk menjadi sebuah kisah cinta cukup berhasil namun tidak untuk thrillernya.

Novel yang bersetting di 3 kota besar itu Solo, Yogyakarta, Jakarta ini merupakan secuil kisah di kehidupan. Dimana manusia memiliki rasa keingintahuan tentang masa depan. Dari membaca novel enigma ini, baru aku ketahui bahwa mengetahui tentang masa depan tak seindah apa yang kebanyakan orang fikirkan. Dan jangan pernah kita salahkan siapa-siapa bila kita salah menafsirkan tanda-tanda tentang masa depan itu. Seperti yang terjadi pada Isara, kebingungan       terjadi   saat ia mencoba menafsirkan masa depannya tersebut. Berawal dari ia mencoba membaca masa depan Patta. Ia melihat bayangan dirinya pada saat itu, maka dari itu yang memutuskan untuk menikah dengan Patta dan mengabaikan perasaannya terhadap Hasha, orang yang benar-benar ia cintai. Namun dari main-mainnya dengan takdir, ia mengalami permasalahan yang begitu kompleks. Selama ia hidup bersama Patta, ia tak menemukan sedikit pun perasaan terhadap Patta. Bahkan perasaannya terhadap Hasha semakin menguat di saat Hasha akan menikah dengan Kurani, sahabatnya sendiri. Semua itu membuatnya kehilangan pijakan hidup, membuatnya semakin tak paham akan  kehidupan. Seandainya hal semacam itu terjadi di kehidupan manusia nyata, apa yang akan dilakukan? Kita akan benar-benar tak mengerti hal apa yang harus kita ambil. Kita akan selalu dalam kebingungan. Dari sinilah, kita harus benar-benar bersyukur akan nikmat Allah. Ketidaktahuan kita akan kehidupan membuat kita menikmati kehidupan kita, meski terkadang kitatakut tetang apa yang akan terjadi di masa depan, tapi setidaknya kita tak merasa keberatan dan kebingungan dalam mengambil keputusan untuk ke depan. Dan tak perlu menanggung kosenkuensi dari kesalahan tafsir terhadap masa depan.

Dari novel enigma ini dapat diketahui juga bahwa manusia yang beperinggai buruk tak selamanya menjadi kesalahan dari apa yang ia lakukan. Asal usul kehidupannya dari masa kecil, lingkungan, dan pendidikan memegang peran penting terhadap apa yang terjadi pada seseorang di masa berikutnya. Seperti halnya Goza yang memilih hidupnya menjadi sang bedebah. Kehidupan kecilnya yang mengantarkan dirinya sebagai bedebah. Orang tuanya yang mengajarkan dirinya sebagai seorang bedebah. Ayahnya yang pemabuk dan kerap membuat onar keadaan keluarganya itu. Dan sang ibu yang temperamental dan pastinya bukan sosok ibu yang di damba oleh setiap anak. Maka tak salah bahwa Goza kecil yang cerdik itu pun menyerap dengan sempurna. Dan memilih hidup menjadi seorang pembunuh dan penjahat kelamin adalah pilihan terbaik untuk dirinya.

Banyak pelajaran yang di ambil dari novel enigma ini. Rahasia-rahasia dibalik semua rahasia dan intinya adalah bahwa hidup pun berupa rahasia yang telah di lukisan kepada umat manusia di lauhul mahfudz. Maka tak perlu kita sebagai manusia ikut campur tentang takdir yang telah di siapkan oleh Tuhan kita. Karena takdir adalah bagian dari hakNYA.

(Dian novita sari.Pati,Jawa Tengah. Pelajar di Smart ILC pare, Kediri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar