Jumat, 29 November 2013

Ulasan Singkat dari Novel Enigma, oleh : Mustafa

Saya mulai membaca buku ini hingga usai. Berawal dari membaca novel berjudul enigma, yang didalmnya menceritakan tentang seorang remaja dengan karakter yang berbeda dan tidak mengetahui satu sama lain. Walaupun begitu mereka terlihat akrab, meskipun sebenarnya mereka menyembunyikan rahasia masing-masing, namun itu tidak menjadi masalah dalam sebuah pertemanan. Itu yang membuatku tidak tertarik dalam sebuah pertemanan. Dan banyak orang tidak menyukai ketika sling menyembunyikan rahasia satu sama lain, bahkan itu teman sendiri. 

Buku enigma yang bercerita tentang seorang anak remaja yang sudah berteman mulai dari dia sekolah sampai dia berpisah, keluar daerah, kemudian merek berteman kembali. Menceritakan tentang seorang anak yang melakukan kewajaran sebagai seorang remaja, apa yang dilakukannya dimasa mudanya ? karena dia tidak mempunyai banyak beban pemikiran seperti orang-orang yang sudah berkeluarga yang hanya memikirkan b agaimana menfkahi anak dan keluarganya. Mengingatkan bahwa manusia mempunyai kebebasan untuk bergaul dalam kehidupan sehari-hari, terutama anak remaja zaman sekarang. Cerita ini, cerita keakraban seorang remaja yang begitu dalam, sehingga bebas untuk melakukan sesuatu yang diinginkan sesamanya. Dengan bahasa tingkat tinggi, namun membuat saya yang membacanya merasa cepat usai untuk membacanya. Ceriota memiliki alur maju-mundur. Kadang dengan imajinasi penulis yang tinggi sehingga memiliki alur maju-mundur, atau b isa jadi in kesengajaan penulis. Dan seorang tokoh yang bercerita didalam buku enigma ini tidak menggunakan nama selayknya seorang Jawa karena semua alat ceritanya ada di Jawa. 

Novel enigma ini membuat saya sebagai pembaca ingin menelusuri ceritanya samapai terakhir. Namun ceritanya kadang ter-pending membuat saya ingin membuat saya ingin membaca terus tapi tidak se-serius diawal.  Cerita ini membuat saya ikut kedalam alur ceritanya dan membuat saya teringat pada waktu bercinta dibangku SMA dan begitu pula yang dialami sebagian teman-teman ku yang duduk dibangku SMA. Dan menceritakan tentang masa-masa dimana saya sebagai remaja, namun tidak ada rasa ketertarikan dengan kelakuan yang dilakukan Goza mulai dari awal hingga akhir ceritanya. Mengajarkan saya sebagai pembaca untuk melakukan pelecehan terhadap orang-orag walaupun teman sendiri. Dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan oleh kebanyakan perempuan. Setelah usai membaca saya tidak dapat menyimpulkan apa yang terdapat dalam novel ini. Alurnya yang maju-mundur dan cerita yang dilakukan  oleh Gaza dari awal hingga akhir, membuat saya tidak bisa menyipulkan apa-apa. Berbeda dengan karakter teman-temannya yang lain, dalam sebuah novel enigma. 

Dengan alur maju-mundur membuat saya merasa kebingungan setelah usai membacanya, meski begitu saya merasa kagum dengan kata-kata yang tercoret didalamnya karena menggunakan bahasa yang tinggi dan imajinasi yang luar biasa.  (Mustafa, Makassar. Santri kelas bahasa, Pare)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar